Hacker…, Apaan Tuh…???

HackerIlmu yang saya dapatkan kmaren di Indonesian Security Conference (idsecconf) di Kampus II Universitas Pembangunan Nasional (UPN V) Yogyakarta, bahwa ternyta hacking dapat berakibat positif juga dapat berakibat negatif tergantung dari niat hacker yang melakukan hacking terhadap suatu website atau PC (online) misal. Masih inget banget ketika ada mahasiswa dari Afrika yg kebetulan hadir dlm acra itu, dia berkata bahwa kadang2 hacking sangat bermanfaat apabila setelah si hacker telah mengetahui kelemahan atau Bugs dari suatu website si hacker terus tidak mengacak2 sistem admin web tsb, tetapi dia malahan memberi tahu ke si admin kalo ada kelemahan pd web tsb. Kalo si hacker begitu, si admin akan segera menutup kelemahan itu, sehingga web mnjadi aman dari para hacker jahat.

Hacker2
Tetapi kalo si hacker setelah mengetahui ad kelemahan pd suatu web si hacker terus ngacak2 sistem adminnya, maka hancurlah suatu web itu. Jahat emang………. Kalo udah gini, si hacker juga dapat ambil data, hapus data, sebar virus, instal OS baru, n yg lain di komputer admin.

Saya berharap ilmu keamanan jaringan di tulisan ini digunakan untuk hal-hal yang baik – jadilah Hacker bukan Cracker. Jangan sampai anda terkena karma karena menggunakan ilmu untuk merusak milik orang lain. Apalagi, pada saat ini kebutuhan akan hacker semakin bertambah di Indonesia dengan semakin banyak dotcommers yang ingin IPO di berbagai bursa saham. Nama baik & nilai sebuah dotcom bisa jatuh bahkan menjadi tidak berharga jika dotcom di bobol. Dalam kondisi ini, para hacker di harapkan bisa menjadi konsultan keamanan bagi para dotcommers tersebut – karena SDM pihak kepolisian & aparat keamanan Indonesia amat sangat lemah & menyedihkan di bidang Teknologi Informasi & Internet. Apa boleh buat cybersquad, cyberpatrol swasta barangkali perlu di budayakan untuk survival dotcommers Indonesia di Internet.

Tetapi KPU Yogyakarta dan komunitas Hacker Yogya Free menambahkan tidak semua hacker jahat, karena ada hacker yang upperground artinya dia muncul di dunia maya. Hacker inilah yang biasanya memberitahu kalo suatu web punya kelemahan. Pengalaman pada pemilu yang lalu, data KPU Pusat berhasil di jebol oleh seorang haaacker jahat. Sehingga sekarang KPU juga punya admin hacker yg handal untuk membuat security web menjadi terprotect secara max.

Contoh komunitas hacker adalah : yogyafree, kecoa.com, indounderground, dll

Jadi, beda hacker dan cracker adalah…. kalo ga salah tapi lho……

Hacker adalah orang yang melakukan hacking, yaitu melakukan injeksi atau penyusupan secara diam2 melalui media yang saling terkoneksi seperti internet dan wireless untuk maksud tertentu seperti mengambil data, menyebarkan virus, megotak atik sistem, dan mematikan suatu PC atau komputer si admin juga untuk mengetahui seberapa handal sistem proteksi atau security suatu web/ PC.

Sedangkan Cracker adalah orang yang melakukan cracking, yaitu memodifikasi suatu software aplikasi dengan merubah bahasa pemrograman atau mengganti kode2 yang ada pada bahasa pemrograman yg dipakai untuk membuat suatu software aplikasi. Cnton sederhanya Misal anti virus dengan skin warna merah diganti dengan warna biru.
idsecconf
Situs IDSECCONF ada di http://www.idsecconf.org Berisi banyak nama samar dari hacker2 se indonesia. Juga berisi tentang Security dan dunia hacker.

2 Tanggapan

  1. hacker…..
    hiiiiii takut🙂

  2. arif ??!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: