Kini Zamannya Mobil Hibrida

Akhir-akhir ini telah merebak isu tentang global warming yang banyak disosialisasikan oleh banyak lembaga ataupun LSM di dunia yang sangat peduli dengan kelangsungan bumi. Mereka sangat sadar bahwa diperlukan usaha yang tidak mudah untuk mengembalikan bumi seperti yang dulu. Bumi yang hijau dan memiliki udara yang bersih. Namun sekarang bumi telah berubah dan akan terus berubah jika kita tidak segera sadar akan hal itu. Perubahan terhadap iklim di bumi ini mempunyai sebab salah satunya dalah adanya gas rumah kaca. Gas Rumah kaca berasal dari berbagai macam gas sisa pembakaran seperti kendaraan bermotor. Oleh karena itu sekarang mulai merebak mobil hibrida sebagai usaha untuk memperbaiki iklim bumi. Selain ramah lingkungan, mobil hibrida juga irit bahan bakar sehingga bisa menghemat ketersediaan energi fosil yang makin menipis.

Pada tanaman, istilah hibrida digunakan untuk rekayasa tanaman atau perkawinan antara tanaman satu dengan tanaman yang lain. Tidak jauh beda pada kendaraan, istilah hibrida juga dapat diartikan perkawinan. tentunya bukan perkawinan kendaraan dan kendaraan kemudian menghasilkan bayi mobil ( Ah, ternak mobil ajah ) :d . istilah mobil hibrida digunakan untuk kendaraan yang mempunyai teknology yang canggih. tentunya bukan asal canggih tetapi mempunyai teknologi gabungan antara Motor Berbahan Bakar Fosil dan Mobil Berpenggerak Motor Listrik.  Sumber tenaga mobil kawinan ini terdiri dari 3 bagian, yaitu bahan bakar, listrik, dan baterai. Dengan ketiga sumber energi itu maka BBM yang dapat dihemat mencapai 1:25 meskipun penggunaan perangkat audio dan AC tetap beroperasi.

toyotaprius

Biaya pemakaian listriknya juga sangat rendah, hanya 10 persen dari harga Pertamax Plus. Jika konsumsi Pertamax Plus pada mobil konvensional rata-rata 10 liter/hari, maka dalam setahun diperlukan biaya sekitar Rp 36,5 juta. Tetapi dengan mobil hibrida, anggaran yang dibutuhkan cuma Rp 18,25 juta/tahun.

skema mobil hibridaPrinsip kerja mobil hibrida ini adalah sebagai berikut, ketika kecepatan dibawah 30 km/jam maka yang dipakai adalah motor listrik dengan energi yang diperoleh dari baterai. Namun ketika kecepatan bertambah dan baterai mulai limit, maka peran motor listrik digantikan oleh Motor Bensin. Pada saat kendaraan menggunakan motor bensin, selain untuk sumber tenaga mobil agar tetap melaju, Motor bensin juga bertugas mengisi Baterai melalui Alternator (Dinamo) yang diputar oleh motor bensin tersebut. Dengan seperti itu, kedua sumber putaran mobil itu ( Motor Listrik dan Motor Bensin ) dapat saling bergantian. Pun ketika mobil dalam posisi menanjak, maka yang digunakan adalah motor Bensin tetapi pada saat mobil dalam posisi menurun mesin akan mati, dan putaran akan diubah menjadi energi listrik untuk mengisi baterai.

Kedepan, mobil dengan teknology ramah lingkungan yang akan ramai di pasaran karena sekarang mulai diberlakukan aturan emisi gas buang. Apabila mobil tidak lulus uji emisi maka mobil tersebut  tidak dapat digunakan di jalan. Dengan hadirnya mobil hibrida, diharapkan dapat menggantikan kendaraan yang kurang ramah lingkungan.

2 Tanggapan

  1. wah…harga mobilnya terjangkau ngga yah ? Kalo ngga terjangkau sepertinya percuma aja.

    • @ MOTROCOM
      Karena pajak masuk mobil di Indonesia mahal maka harga sampe 500jt an mas. Sebenere kalo pajak di bebaskan hargane bisa 250jt an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: