Sekali Merdeka Tetap Merdeka…..!!!

MerdekaMERDEKA…!!! Hari ini, Senin  17 Agustus 2009, 64 tahun sudah Indonesia merdeka. ” Indonesia Tanah Airku, Tanah Tumpah Darahku”. ” Disanalah aku berdiri, jadi pandu ibumu.” Itulah penggalan lagu kebangsaan yang  mengiringi ketika sang saka merah putih pertama berkibar di tanah air ini, 17 Agustus 1945. Latief dan kawan-kawan yang pertama kali mengibarkan bendera pusaka, mengibarkan cita-cita bangsa Indonesia. Hingga sekarang kita peringati di setiap tahun di seluruh pelosok negeri Indonesia tercinta.

indonesia-merdeka

Wah, udah lama ngga posting kali ini posting mengambil momen HUT ke-64 Kemerdekaan Republik Indonesia. Momen kemerdekaan memang saat-saat yang tidak dapat dilewatkan begitu saja. Terutama bagi saya sendiri yang memang bisa disebut mantan aktifis di SMK dulu. Saat-saat Independence Day ini memang saat-saat yang sangat ditunggu-tunggu. Karena di hari ini kita dapat mengenang kembali semangat juang ’45, semangat juang para pahlawan kita. Perlu kita flashback sebentar bahwa tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk melepaskan Ibu Pertiwi ini dari tangan penjajah. Namun dengan usaha yang begitu gigih, para pejuang kita telah mampu membuat Negeri ini bebas dari penguasa, ” MERDEKA”.

Namun, kita tidak hanya dapat mamaknai Kemerdekaan ini dengan mengibarkan bendera di depan rumah masing-masing atau mengikuti upacara bendera saja. Memasang bendera dan upacara hanya di tanggal 17 Agustus saja? Itu sama saja dengan merdeka hanya di tanggal 17 Agustus saja. Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita memaknai kemerdekaan ini di setiap aktifitas kita. Kita harus menjadi warga Negara yang dapat menjadi puspa bangsa.

Yah, kalau dulu mungkin kita harus berjuang untuk negeri ini dengan berperang. Namun di era sekarang ini ada banyak sekali cara untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan dan mengisinya. Jangan hanya memasang bendera di depan rumah tapi kemudian sehari dilepas dan tak ada makna yang dapat diambil. Tetapi makna yang lebih dalam adalah apabila para pejuang mati-matian untuk membuat negeri ini merdeka, maka kita harus dapat berjuang mati-matian untuk negeri Indonesia tercinta ini tentunya sesuai bidang masing-masing. Dengan begitu, kita akan merdeka selamanya. Tidak hanya di tanggal 17 Agustus ini. MERDEKA…!!!

Dirgahayu ke-64 Kemerdekaan Republik Indonesia, ” Sekali Merdeka Tetap Merdeka “.

picture source:bocahklene.multiply.com

3 Tanggapan

  1. Merdeka Bung!

  2. Jangan tanyakan apa yang sudah negara berikan kepada kamu, tapi tanyakan pada diri kamu, apa yang sudah kalian perbuat untuk negaramu ini..

    Merdeka…!!!!

  3. permisi aku coppy fotonya gpp kn?
    TerimaKasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: