Daerah Istimewa Surakarta ( DIS )

DIY merupakan singkatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, D.I. Aceh merupakan singkatan dari Daerah Istimewa Aceh, Apakah kawan – kawan semua tahu ada singkatan DIS. . . ? Apakah DIS itu . . . ?

Menurut artikel yang baru saja saya baca dari salah satu surat kabar di Solo, Joglosemar edisi Senin, 23 November 2009, Bahwa dulu pernah terdengar beberapa aturan yang mengatur dan merekomendasikan tentang adanya pembentukan Daerah Istimewa Surakarta ( DIS ). Salah satu dari ketentuan yang membicarakan tentang hal itu salah satunya adalah Keputusan sidang resmi BPUPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, dan diperkuat dengan Piagam Soekarno sehari kemudian. Keputusan itu juga semakin dipertegas dengan maklumat PB XII tanggal 1 September 1945, serta keputusan pemerintah No.16/SDI/1946 mengenai pemerintahan Daerah Istimewa Surakarta.

”Status ini sudah dibiarkan terkatung-katung 60 tahun lebih. Ini merupakan PR (pekerjaan rumah), dan utang bagi pemerintah sekarang untuk mengembalikan kembali DIS,” kata salah seorang Pengageng Parentah Keraton Surakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari  atau Koes Moertiyah yang akrab disapa Gusti Moeng yang merupakan anggota Komisi II DPR RI ini. Beliau juga merupakan puteri Alm. SISKS Paku Buwono (PB) XII.

”Kami tidak mengemis tapi menagih janji akan hak konstitusional kami. Perlu diketahui bila, hal ini diakui internasional lewat Konferensi Meja Bundar. Selain itu, konsep DIS sangat berbeda dengan konsep pemekaran daerah,” Tambah beliau. Menurutnya, status Daerah Istimewa Surakarta ini berbeda dengan beberapa Daerah Keistimewaan yang lain seperti DIY dan D.I. Aceh. Kalau di DIY, raja atau pemimpin kerajaan juga merupakan kepala daerah. Berbeda dengan konsep Daerah Istimewa Surakarta, kepala daerah tetap dipilih dari masyarakat, jadi ada dua kepemimpinan yang akan mengatur jalannnya Daerah Istimewa Surakarta. Kepala Daerah+Pemerintahan dan Kepala Pemerintahan.

Di portal jejaring sosialpun semakin marak disuarakan tentang Pembentukan Daerah Istimewa Surakarta ( DIS ) ini. Yang paling ramai adalah Gerakan Satu Juta ( 1.000.000 ) Facebookers Mendukung Pembentukan Provinsi Surakarta yang pada intinya adalah mendukung Pembentukan Daerah Istimewa Surakarta ( DIS ).

Namun menurut beberapa ahli, bahwa kalau daerah menjadi Daerah Keistimewaan maka seluruh anggaran ditanggung oleh Daerah tersebut atau dengan kata lain harus mandiri secara penuh. Nah, yang menjadi pertanyaan apakah Surakarta mampu untuk mandiri secara penuh?

Daerah Istimewa Surakarta ( DIS )? Apakah akan terealisasi?

8 Tanggapan

  1. Maaf . . . PERTAMAX Habiss . . .🙂

  2. kekurangan dan keunggulannya apa aja mas??

  3. Jika ada angka2 yang valid misal total Pendpatan daerah se Surakarta, dan APBD Se-Surakarta.
    trus kita bandingin dengan pendapatan dan APBD DIY dan Jateng, mungkin saya bisa kasih pendapat yak.

    kalo cuman kira2, saya nggak bisa hehe.
    yang penting jangan kayak waktu pemekaran sulawesi barat itu, kasihan rakyatnya.

  4. baru dengar sebutan itu, hehehe

    • Memang, istilah itu belum familiar. Tetapi dulu DIS pernah direkomendasikan ada di negeri ini.

      • Daerah Istimewa Surakarta memang selama ini ditenggelamkan pemerintah pusat dengan tujuan agar tidak ada DIS lagi,itulah kesalahannya pemerintah pusat,termasuk sejarawan dan politikus yg ada selama ini juga tidak pernah meng ekpos keberadaan DIS dan kontribusi Kraton Surakarta Hadiningrat terhadap tercapainya Proklamasi 17 Agustus 1945,makanya maklum dengan bangsa Indonesia yg belum mengenal adanya DIS,kecuali orang yg suka membaca Pustaka.maka dari itu mari warga Solo Raya bersatu padu menuntut kembalinya Provinsi Daerah Istimewa Surakarta,kita kembalikan kewibawaan dan kejayaan kembali Surakarta Hadiningrat agar tidak disepelekan lagi Daerah lain.Pasti bisa .Amiiin.

  5. ikut prov Jateng aja, ga usah jadi Daerah Istimewa, nanti ndak malah menimbulkan perpecahan, menurut pendapatku bgitu,,,

  6. Kami sangat mendukung pengembalian Provinsi Daerah Istimewa Surakarta,warga Solo Raya Mayoritas mendukung ,yg tidak mendukung berarti kelompoknya slemania DfIY.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: