DPR MPR dan Istana Negara DiDEMO, Aceh DiGOYANG 5 SR

Atmosfir sore ini, Kamis 28 Januari 2010 sekitar pukul 15.30 WIB terasa sangat menyengat. Panas dan mensusuk kulit rasanya. Entah mengapa sore ini tidak seperti biasanya yang dingin dan hujan. Ahhh… mungkin itu semua cuma perasaanku saja🙂🙂 .

Lama tidak up date berita di TV, sore tadi di FICOS sempat nonton TV dan sontak kaget dengan beberapa headlines dan live report. Dimana – mana beritanya cuma DEMO dan DEMO. Semuanya hanya ada berita DEMO lagi dan DEMO lagi. Dari itu semua sempat berpikir sejenak bahwa mungkin cuaca panas sore ini juga karena dipengaruhi oleh atmosfir panas demo di seluruh penjuru negeri ini. Haha. . . pemikiran yang konyol…😀😀 .

Memang tadi sore kebanyakan stasiun TV menayangkan live report aksi unjuk rasa yang digelar oleh para mahasiswa dan aliansi masyarakat. Unjuk rasa itu digelar di banyak tempat, namun aksi yang paling besar adalah aksi di Gedung DPR/MPR dan Istana Negara. Semua aksi itu adalah untuk memperingati 100 hari pemerintahan SBY-Boediono yang mereka anggap Gagal.

Ratusan pendemo dari berbagai elemen masyarakat sudah tiba di Gedung DPR/MPR. Massa pun sudah memadati dan memenuhi jalan di depan Gedung DPR, Jl Gatot Subroto, Senayan, Jakarta. Di Gedung DPR/MPR perwakilan pendemo diterima oleh pimpinan DPR/MPR. Dalam aksi ini perwakilan demonstran rencananya akan ditemui oleh wakil ketua DPR Anis Matta. Seperti yang dikutip dari Detik  dot Com yang dilaporkan oleh Elvan Dany Sutrisno pada 28-01-2010 13:50:44 WIB.

Pendemo di sekitar DPR/ MPR Senayan

Sedangkan di sekitar Istana Negara, Rombongan para pendemo mulai memasuki kawasan sekitar Istana. Mereka sudah berkumpul di sepanjang ruas Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta. Dari pantauan, tampak 2 aksi massa di ruas jalan tersebut. Kelompok PRD beraksi di depan kantor menko kesra dengan jumlah masa 100an orang. Sedangkan kelompok ke-2 dari gerakan 28 yang berjumlah 300an orang yang beraksi di depan mahkamah konstitusi. Informasi ini diupdate dari Detik dot Com yang dilaporkan oleh Reporter Moksa Hutasoit pada 28-01-2010 11:51:13 WIB. Mereka semua menuntut agar SBY segera mereformasi birokrasi dan menganggap gagal program 100 hari pemerintahan SBY-Boediono.

Aksi 100 Hari Pemerintahan SBY-Boediono yang dianggap gagal di depan Istana

Pengamanan di Sekitar istana oleh Polisi yang tampak banyak

Aksi serupa juga digelar di beberapa Kota lain di Indonesia seperti Jogjakarta, Makasar, Solo beberapa daerah. Aksi serempak ini untuk memperingati 100 Hari Pemerintahan SBY – Boediono yang mereka anggap gagal. Ini terbukti dengan masih belum pastinya beberapa kasus akhir – akhir ini. Salah satu diantaranya yang paling menyakiti hati masyarakat Indonesia adalah kasus Bank Century yang belum kunjung ketemu benang merahnya.

Memang jadi ingat masa – masa dulu ikut aksi unjuk rasa atau lebih populernya dikenal dengan istilah Demo. Dulu sebagai seorang aktifis Badan Eksekutif Mahasiswa, Suka ikut aksi turun jalan. Tetapi aksi ini merupakan aksi damai yang tidak merusak dan tidak anarkis seperti kebanyakan sekarang ini.

Sementara Indonesia diguncang dengan aksi Demo serempak, berbeda dengan bumi rencong Aceh yang diguncang juga. Tentunya bukan dengan aksi demo, melainkan diguncang Gempa Hebat berkekuatan 5 SR. Getaran gempa berkekuatan 5 SR yang mengguncang Takengon, Nangroe Aceh Darusalam, dirasakan cukup kencang. Namun, belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada pukul 23.12 WIB. Lokasi gempa terjadi pada 23 km barat laut Takengon, NAD. Gempa berada pada posisi 4.82 LU – 96.78 BT dengan kedalaman 10 km. Namun gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Menurut catatan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa juga terjadi di daerah Cilacap dengan kekuatan yang sama yaitu 5 SR. Gempa terjadi sekitar pukul 11.01 WIB, Kamis (28/1/2010), dengan lokasi 212 Km Barat daya Cilacap, dengan kedalaman 10 Km. Belum diketahui apakah gempa ini dirasakan penduduk dan menimbulkan kerusakan. Seperti yang dipost detik Kamis, 28/01/2010 11:19 WIB.

10 Tanggapan

  1. selamat buat yg ikut demo, tetap semangat🙂

    benar gempa di Aceh tsb karena berada di daratan dan sangat dangkal.

    jika berkenan, silahkan sharing ke blog saya utk sedikit update berita gempa termasuk Aceh, Cilacap, Yogyakarta

    tetap waspada

  2. Rame demo, rame gempa juga bos! Selaras banget🙂

  3. kenapa pada tanggal 28 Januari banyak gempa?

  4. ikut demo juga gak kang??

  5. jadi ikut demo juga gak kang???

  6. gimana nasib bangsa ini 20 tahun kedepan….???
    besok pagi bagaimana ajah ga jelas…!!!

    mari berdoa saja utk bangsa dan bencana yg terjadi..!

  7. pasrah ngadepin kayak gitu

  8. mungkin gempa itu utk ngingetin, heheheh

  9. salam kenal🙂
    mau add facebook Agus Piranhamas / pembicarainternetmarketing@gmail.com

  10. Salahm kenal🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: