Ramai… Perayaan Sekaten 2009

https://ariefz45.wordpress.com/sekaten2009Malam Senin kemarin, 8 Maret 2008 tapatnya pukul 19.20 WIB saya berada di kawasan pintu gerbang utara Kraton Kasunanan Surakarta untuk menunggu seseorang yang sengaja datang dari Cilacap dan hendak melihat Perayaan Sekaten 2009.  Seseorang itu adalah adik saya yang sedang liburan panjang di sekolahnya. Setelah Bertemu dengan adik saya itu, kami berdua melangkah menuju ke dalam arena pameran Sekaten 2009. Mencoba masuk walaupun berdesakdesakan, melewati beberapa penjual makanan khas Solo yang berjajar rapi. Dari pedagang makanan itu ada yang sangat menarik untuk dilihat. Ada pedagang yang menjual obat diantara pedagang-pedagang lain yang menjual makanan. Ternyata pedagang itu menjual obat penumbuh rambut. Namun ada yang menarik, hanya butuh waktu sangat singkat untuk menumbuhkan rambut yaitu 5 menit untuk menumbuhkan rambut. Wah, hal yang menarik untuk dibahas.

https://ariefz45.wordpress.com/sekaten3https://ariefz45.wordpress.com/sekaten2

Setelah dari deretan pedagang-pedagang itu, kami mencoba untuk melangkah ke sumber suara gamelan yang muncul dari depan masjid agung. Kami pun melangkah dengan pasti ke arah masjid agung. Karena konon katanya ada 2 set gamelan kuno yang hanya setahun sekali ditabuh yaitu saat perayaan sekaten, yaitu peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Sampai di deppan masjid, suara khas gamelan semakin terdengar keras. Kami ke arah selatan dahulu, disana ada 1 set gamelan yang bernama Kyai Guntur Madu. Ada banyak sekali orang yang sedang melihat gamelan itu. Namun sayang sekali, gamelan yang bernama Kyai Guntur Madu ini belum ditabuh karena gamelan yang lain sedang ditabuh.

Kamipun menuju ke arah gamelan yang sedang ditabuh, tidak beda. Kami berjejal untuk dapat melihat gamelan yang ternyata bernama Kyai Guntur Sari yang berada di utara. Ada yang berhasil mengabadikan gamelan itu namun sayang sekali kami tidak dapat mengambilnya.

Sementara di masjid dikumandangkan Al Barjanji yaitu kitab yang biasa dibaca saat peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sungguh pengalaman yang luar biasa, bisa menapakkan kaki pertama kali di acara Sekaten. Maklum asli Cialcap, jadi cukup senang dengan acara seperti itu.

4 Tanggapan

  1. posting tanpa foto adalah HOAXXX dan tidak bisa di pertanggung jawabkan..😀

  2. wah, emang rame banget kemarin perayaan sekatennya. Q juga pertama kali ke sekaten.

    Lets Go to Solo…..!!!???

  3. Sekatenan, saya malah berdiam diri dirumah, rasanya males banget untuk keluar…

  4. @masiqbal
    Mungkin karena udah lama di Solo jadi udah sering liat sekaten. Jadi mendingan ngeblog ajah di rumah ajah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: